Berikut disampaikan hadits yang menyatakan Tidak sah shalat orang yang tidak berwudlu, dan tidak sah wudlu orang yang tidak menyebut nama Allah Ta'ala padanya. Terdapat 3 Kelompok Hadits tentang Sahnya shalat, Berwudlu dan Menyebut Nama Allah yaitu sebagai berikut
1. dari Abu Hurairah dia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Tidak sah shalat orang yang tidak berwudlu, dan tidak sah wudlu orang yang tidak menyebut nama Allah Ta'ala padanya." (Sunan Abu Daud 92)
2. Dari asma binti Sai’id bin Zain Amru bin Nufail tidak sah shalat seseorang yang tidak berwudlu, tidak ada wudlu bagi yang tidak menyebut nama Allah." (Musnad Ahmad 25895)
3. Dari asma binti Sai’id dan Sa’id bin Zain Amru bin Nufail tidak sah shalat seseorang yang tidak berwudlu, tidak ada wudlu bagi yang tidak menyebut nama Allah (Musnad Ahmad 16054, 25894 dan 25896)
Dari Abu Hurairah
سنن ابي داوود ٩٢: حدثنا قتيبة بن سعيد حدثنا محمد بن موسى عن يعقوب بن سلمة عن ابيه عن ابي هريرة قال
قال رسول الله صلى الله عليه وسلم لا صلاة لمن لا وضوء له ولا وضوء لمن لم يذكر اسم الله تعالى عليه
Telah menceritakan kepada kami Qutaibah bin Sa'id telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Musa dari Ya'qub bin Salamah dari Ayahnya dari Abu Hurairah dia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:
"Tidak sah shalat orang yang tidak berwudlu, dan tidak sah wudlu orang yang tidak menyebut nama Allah Ta'ala padanya." (Sunan Abu Daud 92)
Dari asma binti Sai’id dan Sa’id bin Zain Amru bin Nufail
مسند احمد ١٦٠٥٤: قال حدثنا الهيثم بن خارجة قال عبد الله وقد سمعته انا من الهيثم قال حدثنا حفص بن ميسرة عن ابن حرملة عن ابي ثفال المري انه قال سمعت رباح بن عبد الرحمن بن حويطب يقول حدثتني جدتي انها سمعت اباها يقول
سمعت النبي صلى الله عليه وسلم يقول لا صلاة لمن لا وضوء له ولا وضوء لمن لم يذكر الله تعالى ولا يومن بالله من لم يومن بي ولا يومن بي من لا يحب الانصار
قال حدثنا شيبان قال حدثنا يزيد بن عياض عن ابي ثفال بهذا الحديث وقال سمعت اباها سعيد بن زيد
(Ahmad bin Hanbal radliyallahu'anhu) berkata: telah menceritakan kepada kami Haitsam bin Kharijah Abdullah berkata: dan saya telah mendengarnya dari Al Haitsam, berkata: telah menceritakan kepada kami Hafs bin Maisarah dari Ibnu Harmalah dari Abu Tsifal Al Muri sesungguhnya dia berkata: saya telah mendengar Rabah bin Abdurrahman bin Huwaithib berkata: telah menceritakan kepadaku nenekku sesungguhnya telah mendengar bapaknya berkata: saya telah mendengar Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Tidak sah shalat bagi orang yang tidak berwudlu, dan tidak ada wudlu bagi orang yang tidak menyebut Allah Ta'ala. Tidak dikatakan beriman kepada Allah orang yang tidak beriman kepadaku dan tidak dikatakan beriman kepadaku jika dia tidak mencintai Anshar." (Ahmad bin Hanbal radliyallahu'anhu) berkata: telah menceritakan kepada kami Syaiban berkata: telah menceritakan kepada kami Yazid bin Iyadl dari Abu Tsifal dengan hadits ini dan berkata: saya telah mendengar bapaknya sesungguhnya berkata: Sa'id bin Zaid. (Musnad Ahmad 16054)
مسند احمد ٢٥٨٩٤: حدثنا هيثم يعني ابن خارجة قال حدثنا حفص بن ميسرة عن ابن حرملة عن ابي ثفال المري انه قال سمعت رباح بن عبد الرحمن بن حويطب يقول حدثتني جدتي انها سمعت اباها يقول
سمعت النبي صلى الله عليه وسلم يقول لا صلاة لمن لا وضوء له ولا وضوء لمن لم يذكر اسم الله عليه ولا يومن بالله من لا يومن بي ولا يومن بي من لا يحب الانصار
Telah menceritakan kepada kami Haitsam -yakni Ibnu Kharijah- dia berkata: telah menceritakan kepada kami Hafsh bin Maisarah dari Ibnu Marhalah dari Abu Tsifal Al Murri bahwa dia berkata: aku mendengar Rabah bin 'Abdurrahman bin Huwaithib berkata: telah menceritakan kepadaku nenekku bahwa dia mendengar ayahnya berkata: "Aku mendengar Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Tidak sah shalat seseorang yang tidak berwudlu, tidak ada wudlu bagi yang tidak menyebut asma Allah, tidak beriman kepada Allah orang yang tidak beriman kepadaku dan tidak beriman kepadaku orang yang tidak mencintai orang Anshar." (Musnad Ahmad 25894)
مسند احمد ٢٥٨٩٦: حدثنا عفان قال حدثنا وهيب قال حدثنا عبد الرحمن بن حرملة انه سمع ابا ثفال يحدث يقول سمعت رباح بن عبد الرحمن ولم يقل عفان مرة ابن ابي سفيان بن حويطب يقول حدثتني جدتي انها سمعت اباها يقول
سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول لا صلاة لمن لا وضوء له ولا وضوء لمن لم يذكر اسم الله عليه ولا يومن بالله من لا يومن بي ولا يومن بي من لا يحب الانصار
Telah menceritakan kepada kami 'Affan berkata: telah menceritakan kepada kami Wuhaib berkata: telah menceritakan kepada kami 'Abdurrahman bin Harmalah bahwa dia mendengar Abu Tsifal bercerita, dia berkata: aku mendengar Rabah bin 'Abdurrahman, sekali waktu 'Affan tidak menyebutkan Ibnu Abu Sufyan bin Huwaithib ia berkata: telah menceritakan kepadaku nenekku bahwa dia mendengar Bapaknya berkata: saya telah mendengar Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Tidak sah shalat seseorang yang tidak berwudlu, tidak ada wudlu bagi yang tidak menyebut nama Allah, tidak beriman kepada Allah orang yang tidak beriman kepadaku, dan tidak beriman kepadaku orang yang tidak mencintai orang Anshar." (Musnad Ahmad 25896)
Dari asma binti Sai’id bin Zain Amru bin Nufail
مسند احمد ٢٥٨٩٥: حدثنا يونس حدثنا ابو معشر عن عبد الرحمن بن حرملة عن ابي ثفال المري عن رباح بن عبد الرحمن بن حويطب عن جدته قالت
سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول لا يومن بالله من لم يومن بي ولم يومن بي من لا يحب الانصار ولا صلاة لمن لا وضوء له ولا وضوء لمن لم يذكر اسم الله عليه
Telah menceritakan kepada kami Yunus telah menceritakan kepada kami Abu Ma'syar dari 'Abdurrahman bin Harmalah dari Abu Tsifal Al Muri dari Rabah bin 'Abdurrahman bin Huwaithib dari neneknya dia berkata: "Aku mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Tidak beriman kepada Allah orang yang tidak beriman kepadaku, dan tidak beriman kepadaku orang yang tidak mencintai orang Anshar, tidak sah shalat seseorang yang tidak berwudlu, tidak ada wudlu bagi yang tidak menyebut nama Allah." (Musnad Ahmad 25895)
semoga berkah
Tulisan terkait
1. 4 kelompok hadits wudhu dimulai dengan bismillah
2. 3 Alasan kenapa Membaca Bismallah harus masuk Rukun Berwudhu
3. Sahnya Shalat akan Lebih Aman jika berwudhu dimulai Basmalah
Tulisan terkait
1. 4 kelompok hadits wudhu dimulai dengan bismillah
2. 3 Alasan kenapa Membaca Bismallah harus masuk Rukun Berwudhu
3. Sahnya Shalat akan Lebih Aman jika berwudhu dimulai Basmalah
Posting Komentar
Posting Komentar