Bulan Safar 1438 H Kalender Islam Dunia Bersatu






Kalender Bulan Safar 1438 H ini merupakan bagian dari penyatuan Kalender Islam Dunia. 

Bahwa berdasarkan pengamatan rukhyat yang dilakukan komunitas icoproject dan monnsighting pada hari ke-29 Bulan Muharram (30 Oktober 2016) hilal belum terlihat didaerah Makkah Arab Saudi dan sekitarnya, maka awal bulan Safar jatuh pada hari Selasa, 1 November 2016. Hal ini juga terkonfirmasi ketika hilal terlihat di Province Al Madinah Arab Saudi pada 31 Oktober 2016.

Hal ini memverifikasi  ketiga metode yang digunakan dalam penyatuan Kalender Islam Dunia sepakat menyatakan bahwa 

1. Bulan Safar 1438 H dimulai pada hari Selasa, 1 November 2016 sejak terbit fajar. 
2. Sedangkan secara administratif Bulan Safar 1438 H dimulai pada hari Selasa, 1 November 2016 pada pukul 01.00 UT yaitu pada pukul 01.00 waktu dunia atau satu jam lebih cepat dari UT (Universal Time) sebagai pilihan pertama atau pilihan kedua pada pukul 02.00 waktu dunia atau dua jam lebih cepat dari UT (Universal Time)

Catatan tambahan

Penyatuan Kalender Islam Dunia dinamid dilakukan dengan menggabungkan tiga metode Penetapan kalender Islam dipadukan bersama kalender Masehi. Adapun tiga metode Penetapan kalender Islam  tersebut yaitu :

1) Kalender Ummul Quraa (UQ) adalah Kalender komariah berbasis Hisab Maulidan Hilal dan termasuk salah satu poin dalam konferensi Maroko. Dilakukan oleh Ilmuwan/astronom Arab Saudi untuk kepentingan sipil dengan orientasi waktu pertahun.

2) Kalender Hijriah Global (HG) adalah kalender komariah berbasis Imkanu Rukhyat sesuai dengan kriteria kesepakatan Konferensi di Turki. Kalender ini digunakan untuk kepentingan sipil dan ibadah dengan orientasi waktu pertahun.

3) Kalender Rukhyatul Hilal Mekkah adalah Kalender komariah berbasis rukhyat (pengamatan) hilal di Mekkah untuk keperluan ibadah dan ditetapkan perbulan.


add:

1) Kalender Hisab baik Ummul Quraa (UQ) maupun Hijriah Global (HG) berkedudukan sebagai informasi sedangkan Rukhyatul hilal sebagai konfirmasi. Oleh karena kalender Islam dunia dinamis ini seyogyanya dilakukan perbulan sesuai hasil rukhyatul hilal di kota mekkah.

2) Mengingat Dewan Hakim Tinggi Kerajaan Arab Saudi mengeluarkan penetapan rukhyatul hilal masih terbatas pada bulan Muharram, Ramadhan, syawal dan dzulhijjah, maka penetapan berdasarkan informasi/konfirmasi rukhyat hilal di kota Mekkah/Arab Saudi yang dirangkum oleh organisasi terkait seperti moonsighting.com dan icoproject.org

3) Penjelasan lebih lengkap tentang Penyatuan kalender Islam Dunia dapat dilihat dalam buku Palingkan Wajahmu ke Arah Masjidil Haram untuk Menyatukan Kalender Islam Dunia”

4) Pemilihan awal hari dalam Islam disesuaikan dengan waktu subuh . Mengingat waktu subuh selalu dinamis, maka secara administratif awal waktu adalah waktu subuh tercepat di didunia. sebagai pilihan 1 jam atau 2 jam lebih cepat dari standar waktu dunia



Bang  Afdoli
Bukan Siapa siapa bisa jadi siapa siapa untuk siapa siapa berbagi untuk kebaikan bersama

Related Posts

Posting Komentar