Bulan Rabiul Awal 1438 H Kalender Islam Bersatu

Bulan Rabiul Awal 1438 H Kalender Islam Bersatu Hikmah 313

Kalender Bulan Rabiul Awal 1438 H jatuh pada hari Kamis, 1 Desember 2016.hal ini dapat dilihat: Bahwa belum adanya laporan pengamatan rukhyat hilal didaerah Makkah Arab Saudi dan sekitarnya  pada hari ke-29 Bulan Safar 1438 H (29 Nopember 2016). Sementara  hasil rukhyat lain yang telah dilaporkan seperti Inggris dan Maroko tidak melihat adanya penampakan hilal. Oleh karena itu awal bulan Rabiul Awal  1438 H jatuh pada hari Kamis, 1 Desember 2016

Rabiul Awal  1438 H jatuh pada hari Kamis, 1 Desember 2016 mengkonfirmasi bahwa :

1. Bulan Safar 1438 H memiliki 30 hari. Kalender Islam Dunia Bersatu selaras dengan kalender Hijriah Global (HG). sedangkan dengan Kalender Ummul Quraa (UQ) terjadi perbedaan 1 hari, dimana kalender UQ, bulan safar hanya memiliki 29 hari sehingga untuk bulan rabiul awal lebih cepat 1 hari yaitu jatuh pad hari Rabu, 30 Nopember 2016.
2. Untuk keperluan Ibadah, Bulan Rabiul Awal  1438 H jatuh pada hari Kamis, 1 Desember 2016 sejak terbit fajar
3.  Sedangkan secara administratif Bulan Rabiul Awal  1438 H jatuh pada hari Kamis, 1 Desember 2016 pukul 00:00 IT (Islamic Time) yaitu pada pukul 01.00 waktu dunia atau satu jam lebih cepat dari UT (Universal Time) sebagai pilihan pertama atau pilihan kedua pada pukul 02.00 waktu dunia atau dua jam lebih cepat dari UT (Universal Time).


Kejadian Penting di bulan Rabiul Awal 1438 H adalah
1) Maulid Nabi Muhammad SAW pada tanggal 12
2) Yaumul Bidh (Hari Pertengahan sebagai waktu puasa sunnah) tanggal 13-15 



Catatan tambahan
Penyatuan Kalender Islam Dunia dinamis dilakukan dengan menggabungkan tiga metode Penetapan kalender Islam dipadukan bersama kalender Masehi. Adapun tiga metode Penetapan kalender Islam  tersebut yaitu :

1) Kalender Ummul Quraa (UQ) adalah Kalender komariah berbasis Hisab Maulidan Hilal dan termasuk salah satu poin dalam konferensi Maroko. Dilakukan oleh Ilmuwan/astronom Arab Saudi untuk kepentingan sipil dengan orientasi waktu pertahun.

2) Kalender Hijriah Global (HG) adalah kalender komariah berbasis Imkanu Rukhyat sesuai dengan kriteria kesepakatan Konferensi di Turki. Kalender ini digunakan untuk kepentingan sipil dan ibadah dengan orientasi waktu pertahun.

3) Kalender Rukhyatul Hilal Mekkah/Masjidil Haram adalah Kalender komariah berbasis rukhyat (pengamatan) hilal di Mekkah untuk keperluan ibadah dan ditetapkan perbulan.

4) Mengingat Dewan Hakim Tinggi Kerajaan Arab Saudi mengeluarkan penetapan rukhyatul hilal masih terbatas pada bulan Muharram, Ramadhan, syawal dan dzulhijjah, maka penetapan berdasarkan informasi/konfirmasi rukhyat hilal di kota Mekkah/Arab Saudi yang dirangkum oleh organisasi terkait seperti moonsighting.com dan icoproject.org

5) Pemilihan awal hari dalam Islam disesuaikan dengan waktu subuh . Mengingat waktu subuh selalu dinamis, maka secara administratif awal waktu adalah waktu subuh tercepat di didunia. sebagai pilihan 1 jam atau 2 jam lebih cepat dari standar waktu dunia.

6) Penjelasan lebih lengkap tentang Penyatuan kalender Islam Dunia dapat dilihat dalam buku Palingkan Wajahmu ke Arah Masjidil Haram untuk Menyatukan Kalender Islam Dunia”


Bang  Afdoli
Bukan Siapa siapa bisa jadi siapa siapa untuk siapa siapa berbagi untuk kebaikan bersama

Related Posts

Posting Komentar