Kalender Islam Bersatu Bulan Rajab 1439 H, Ahad 18 Maret 2018



Kalender Islam Bersatu Bulan Rajab 1439 H dimulai pada Hari Ahad, 18 Maret 2018 mengkonfirmasi bahwa : 
  1. Bulan Jumada Akhir 1439 H memiliki 29 hari. 
  2. Kalender Islam Bersatu Bulan Rajab memiliki perbedaan antara dua kalender dunia yaitu antara Kalender Ummul Quraa (UQ) dan Kalender Hijriah Global (HG). 
  3. Kalender Islam Bersatu memilih  Bulan Rajab 1439 H dimulai pada Hari Ahad, 18 Maret 2018. Waktu ini merujuk kepada Kalender Ummul Quraa (UQ) karena pertimbangan marjaknya. Diketahui bahwa kalender ummul Quraa menjadikan Mekkah menjadi dasar perhitungannya.
  4. Sedangkan Kalender Hijriah Global (HG) Bulan Rajab 1439 H dimulai pada Hari Senin, 19 Maret 2018.  Hal ini bersamaan dengan Kalender umum hijriah yang beredar di Indonesia.
  5. Oleh karenanya Untuk keperluan Ibadah,  Bulan Rajab 1439 H dimulai pada Hari Ahad, 18 Maret 2018 sejak terbit fajar. dan secara administratif Bulan Rajab 1439 H dimulai pada Hari Sabtu, 17 Maret 2018 pukul 00:00 IT (Islamic Time) yaitu pada pukul 01.00 waktu dunia atau satu jam lebih cepat dari UT (Universal Time) sebagai pilihan pertama atau pilihan kedua pada pukul 02.00 waktu dunia atau dua jam lebih cepat dari UT (Universal Time).

Kalender Bulan Rajab 1439 H sebagai bagian Kalender Islam Bersatu, ditetapkan dengan pertimbangan sebagai berikut : 
  1. mempertimbangkan Keputusan Mahkamah Agung Arab Saudi tentang hasil rukhyat kota Mekkah. 
  2. Ditetapkan dengan prinsip keumuman dengan mengikuti dua kalender utama dunia yaitu UQ dan HG ketika rukhyat hilal kota Makkah tidak didapatkan.
  3. Mengambil penetapan Ummul Quraa sebagai rujukan, jika terjadi perbedaan. Hal ini karena UQ menggunakan Kota Mekkah sebagai marjak atau dasar perhitungannya.

Catatan: 
Penyatuan Kalender Islam Dunia ini bersifat dinamis dan dilakukan dengan menggabungkan tiga metode Penetapan kalender Islam. Adapun tiga metode Penetapan kalender Islam tersebut yaitu : 
  1. Kalender Ummul Quraa (UQ) adalah Kalender komariah berbasis Hisab Maulidan Hilal dan termasuk salah satu poin dalam konferensi Maroko. Dilakukan oleh Ilmuwan/astronom Arab Saudi untuk kepentingan sipil dengan orientasi waktu pertahun. 
  2. Kalender Hijriah Global (HG) adalah kalender komariah berbasis Imkanu Rukhyat sesuai dengan kriteria kesepakatan Konferensi di Turki. Kalender ini digunakan untuk kepentingan sipil dan ibadah dengan orientasi waktu pertahun. 
  3. Kalender Rukhyatul Hilal Mekkah/Masjidil Haram adalah Kalender komariah berbasis rukhyat (pengamatan) hilal di Mekkah untuk keperluan ibadah dan ditetapkan perbulan. 
  4. Ketiganya dikombinasikan dengan metode Hikmah 313 sehingga Kalender tidak hanya sebagai kalender untuk keperluan administrasi, namun dapat juga sebagai kalender ibadah Umat Islam.
  5. Pemilihan awal hari dalam Islam disesuaikan dengan waktu subuh . Mengingat waktu subuh selalu dinamis, maka secara administratif awal waktu adalah waktu subuh tercepat di didunia. sebagai pilihan 1 jam atau 2 jam lebih cepat dari standar waktu dunia

Tulisan terkait
Bang  Afdoli
Bukan Siapa siapa bisa jadi siapa siapa untuk siapa siapa berbagi untuk kebaikan bersama

Related Posts

Posting Komentar