5 Kelompok Hadits Sahur dan Bacaan 50-60 ayat Alquran

5 Kelompok Hadits Sahur dan Bacaan 50-60 ayat Alquran

Sebelumnya kita ketahui bahwa makan sahur dibatasi imsak didasari hadits yang bersumber dari riwayat Sa’id dari Qatadah dari Anas bin Malik dari Zaid bin sabit yang menyatakan jarak antara batas sahur dengan subuh itu kira-kira selama orang membaca 50 ayat Alquran. 

Setelah dikumpulkan hadits yang bersumber 9 periwayat ternyata ada 21 hadits yang berkaitan dengan batasan sahur itu. Dan 21 hadits tersebut dapat diklasifikasi menjadi 5 kelompok. Dimana 1 kelompok menjadi imsak sebagai batas akhir bersahur, sedangkan 4 kelompok lagi menjadikan imsak sebagai awal bersahur dan selesai menjelang subuh. 

Adapun kelima kelompok hadits tersebut adalah sebagai berikut 

Kelompok Pertama : 4 hadits yang berasal dari Sa’id dari Qatadah dari Anas bin Malik dari Zaid bin sabit yang menjelaskan jarak antara selesai sahur dan shalat subuh :

1. Telah menceritakan kepada kami Hasan bin Shabbah telah mendengar Rauh bin 'Ubadah telah menceritakan kepada kami Sa'id dari Qatadah dari Anas bin Malik, bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dan Zaid bin Tsabit makan sahur bersama. Setelah keduanya selesai makan sahur, beliau lalu bangkit melaksanakan shalat." Kami bertanya kepada Anas, "Berapa rentang waktu antara selesainya makan sahur hingga keduanya melaksanakan shalat?" Anas bin Malik menjawab, "Kira-kira waktu seseorang membaca lima puluh ayat." HR. Bukhari 542.

2. Telah menceritakan kepada kami Ya'qub bin Ibrahim berkata, telah menceritakan kepada Rauh berkata, telah menceritakan kepada kami Sa'id bin Abu 'Urubah dari Qatadah dari Anas bin Malik radliallahu 'anhu bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dan Zaid bin Tsabit radliallahu 'anhu makan sahur bersama. Setelah keduanya selesai makan sahurnya, maka Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bangkit untuk segera melaksanakan shalat, lalu Beliau mendirikan shalat". Kami bertanya kepada Anas radliallahu 'anhu: "Berapa tenggang waktu antara selesai makan sahur keduanya dengan awal shalatnya? Anas bin Malik radliallahu 'anhu berkata,: "Kira-kira selama seorang membaca lima puluh ayat". HR. Bukhari 1066.

3. Telah mengabarkan kepada kami Abul Asy'ats dia berkata; telah menceritakan kepada kami Khalid dia berkata; telah menceritakan kepada kami Sa'id dari Qatadah dari Anas Radliallahu'anhu dia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam makan sahur bersama Zaid bin Tsabit lalu mereka berdua berdiri dan melaksanakan shalat shubuh, kami berkata kepada Anas; 'Berapa waktu antara selesai sahur mereka dengan masuk waktu shalatnya, ia menjawab seukuran orang yang membaca limapuluh ayat. HR. An Nasa’i 2128.

4. Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ja'far dari Sa'id bin Abu 'Arubah dari Qatadah dari Anas, Rasulullah Shallallahu'alaihi wa Sallam dan Zaid bin Tsabit bersahur, tatkala keduanya selesai sahur Rasulullah Shallallahu'alaihi wa Sallam berdiri dan shalat, maka kami (Zaid bin Tsabit) berkata kepada Anas bin Malik, "Berapa lama antara selesai sahur dengan masuknya waktu shalat?" ia berkata, lamanya semisal orang membaca lima puluh ayat. HR. Ahmad 12278.



Kelompok kedua: 10 hadits yang berasal dari Sa’id dari Qatadah dari Anas bin Malik dari Zaid bin sabit yang menjelaskan jarak antara sahur dan shalat subuh :

1. Telah menceritakan kepada kami Abdul Wahhab telah menceritakan kepada kami Sa'id dari Qatadah dari Anas bin Malik, nabiyullah Shallallahu'alaihi wasallam dan Zaid bin Tsabit bersahur. Selesai sahur, Rasulullah Shallallahu'alaihi wasallam berdiri untuk shalat. Maka kami (para sahabat Radliyallahu'anhum) berkata kepada Anas, berapa lama kira-kira waktu antara sahur dan shalat?. Dia menjawab; seukuran orang membaca lima puluh ayat. HR. Ahmad 12977.

2. Telah menceritakan kepada kami 'Affan telah menceritakan kepada kami Hammam telah mengabarkan kepada kami Qatadah dari Anas dari Zaid bin Tsabit, bahwa ia pernah makan sahur bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, ia berkata, "Lalu kami keluar untuk shalat." Anas berkata, "Lalu aku tanya kepada Zaid, "Berapa jarak antara keduanya?" Zaid menjawab, "Seperti seseorang membaca lima puluh ayat." HR. Ahmad 20630.

3. Telah menceritakan kepada kami Hasan bin Musa telah menceritakan kepada kami Abu Hilal telah menceritakan kepada kami Qatadah dari Anas bin Malik dari Zaid bin Tsabit berkata, "Aku lewat depan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam ketika beliau sedang makan sahur dengan kurma, beliau bersabda: "Kemari dan makanlah!" Aku lalu berkata, "Aku ingin puasa." Beliau bersabda: "Aku juga ingin apa yang engkau ingin." Maka kami pun sahur bersama lalu keluar untuk shalat, Adapun jarak antara saat kami makan dan shalat sekitar seseorang membaca lima puluh ayat." HR. Ahmad 20682.

4. Telah menceritakan kepada kami Muslim bin Ibrahim telah menceritakan kepada kami Hisyam telah menceritakan kepada kami Qatadah dari Anas dari Zaid bin Tsabit radliallahu 'anhu berkata: "Kami pernah makan sahur bersama Nabi shallallahu 'alaihi wasallam kemudian Beliau pergi untuk melakanakan shalat. Aku bertanya: "Berapa antara adzan (Shubuh) dan sahur?". Dia menjawab: "Sebanyak ukuran bacaan lima puluh ayat". HR. Bukhari 1787.

5. Telah menceritakan kepada kami Abu Bakar bin Abu Syaibah telah mengabarkan kepada kami Waki' dari Hisyam dari Qatadah dari Anas dari Zaid bin Tsabit radliallahu 'anhu, ia berkata; "Kami makan sahur bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, dan sesudah itu kami beranjak untuk menunaikan shalat." saya bertanya, "Kira-kira berapa lama jarak antara makan sahur dan shalat." Ia menjawab, "Kira-kira selama pembacaan lima puluh ayat." Dan telah menceritakan kepada kami Amru An Naqid telah menceritakan kepada kami Yazid bin Harun telah mengabarkan kepada kami Hammam -dalam jalur lain- Telah menceritakan kepada kami Ibnul Mutsanna telah menceritakan kepada kami Salim bin Nuh telah menceritakan kepada kami Umar bin Amir keduanya dari Qatadah dengan isnad ini. HR. Muslim 1837.

6. Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Musa telah menceritakan kepada kami Abu Daud At Thayalisi telah menceritakan kepada kami Hisyam Ad Dastuwa'i dari Qatadah dari Anas bin Malik dari Zaid bin Tsabit dia berkata, kami pernah sahur bersama Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wasallam, kemudian kami shalat berjama'ah. Anas berkata, saya bertanya, berapa lama jarak antara sahur dan shalat? Dia menjawab, kira-kira lima puluh ayat. Telah menceritakan kepada kami Hannad telah menceritakan kepada kami Waki' dari Hisyam seperti hadits di atas, namun didalamnya dia berkata, kira-kira selama membaca lima puluh ayat. (perawi) berkata, dalam bab ini (ada juga riwayat -pent) dari dari Hudzaifah. Abu 'Isa berkata, hadits Zaid bin Tsabit adalah hadits hasan shahih dan juga merupakan pendapatnya Syafi'i, Ahmad dan Ishaq, semuanya lebih menyukai untuk mengakhirkan sahur. HR. At Tirmidhi 638.

7. Telah mengabarkan kepada kami Ishaq bin Ibrahim dia berkata; telah menceritakan kepada kami Waki' dia berkata; telah menceritakan kepada kami Hisyam dari Qatadah dari Anas dari Zaid bin Tsabit dia berkata; "Kami makan sahur bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, kemudian kami berdiri untuk melaksanakan shalat." Aku bertanya; "Berapa jarak antara keduanya? Ia menjawab, "Seukuran orang membaca lima puluh ayat." HR. An Nasa’i 2126.

8. Telah mengabarkan kepada kami Isma'il bin Mas'ud dia berkata; telah menceritakan kepada kami Khalid dia berkata; telah menceritakan kepada kami Hisyam dia berkata; telah menceritakan kepada kami Qatadah dari Anas dari Zaid bin Tsabit dia berkata; "Kami pernah makan sahur bersama Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wa Sallam, kemudian kami berdiri untuk melaksanakan shalat." Aku bertanya; (ada anggapan bahwa yang bertanya adalah Anas), 'Berapa jarak diantara hal tersebut? Ia menjawab; 'Seukuran orang membaca lima puluh ayat.' HR. An Nasa’i 2127.

9. Telah menceritakan kepada kami Ali bin Muhammad berkata, telah menceritakan kepada kami Waki' dari Hisyam Ad Datuwa`i dari Qatadah dari Anas bin Malik dari Zaid bin Tsabit berkata, "Kami pernah makan sahur bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, kemudian kami menegakkan shalat. " Aku bertanya, "Berapa jarak antara keduanya?" ia menjawab, "Sekadar bacaan lima puluh ayat. " HR. Ibnu Madja 1684.

10. Telah mengabarkan kepada kami Muslim bin Ibrahim telah menceritakan kepada kami Hisyam dari Qatadah dari Anas dari Zaid bin Tsabit ia berkata, "Kami pernah sahur bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam. Kemudian beliau bangkit untuk melakukan shalat." Anas berkata, "Aku lalu bertanya, "Berapakah waktu antara adzan dan sahur?" Zaid menjawab, "Seukuran lima puluh ayat." HR. Ad Darimi 1633.



Kelompok Ketiga : Waktu jarak antara sahur, menuju masjid hingga Iqamat shalat subuh sekitar Lama bacaan lima puluh ayat. Ada 3 hadits yang mendukung pernyataan ini yaitu HR. Ahmad 20603,20633, 20634

1. Telah menceritakan kepada kami Yahya dari Hisyam telah menceritakan kepada kami Qatadah dari Anas dari Zaid bin Tsabit berkata, "Kami makan sahur bersama Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, lalu kami keluar menuju masjid dan dikumandangkan iqamat. Aku (Anas) bertanya, "Berapa jarak antara keduanya?" Zaid menjawab, "Seperti seseorang membaca lima puluh ayat." HR. Ahmad 20603.

2. Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Sa'id dari Hisyam telah menceritakan kepada kami Qatadah dari Anas dari Zaid bin Tsabit. (dalam jalur lain disebutkan) Yazid berkata, telah memberitakan kepada kami Hammam dari Qatadah dari Anas dari Zaid bin Tsabit. (dalam jalur lain disebutkan) Waki' berkata; telah menceritakan kepada kami Ad Dastawa`i dari Qatadah dari Anas dari Zaid bin Tsabit ia berkata, "Kami maka sahur bersama Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, lalu kami keluar menuju masjid dan dikumandangkanlah iqamat." Aku (Anas) lalu bertanya, "Berapa jarak antara keduanya?" Zaid menjawab, "Seperti seseorang membaca lima puluh ayat." Yazid menyebutkan dalam haditsnya, "Aku bertanya pada Zaid, '"Berapa jarak antara keduanya?" Zaid menjawab, "Sekitar lima puluh ayat." HR. Ahmad 20633.

3. Telah menceritakan kepada kami Waki' telah menceritakan kepada kami Ad Dastawa`i dari Qatadah dari Anas dari Zaid bin Tsabit ia berkata, "Kami makan sahur bersama Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, lalu kami keluar menuju masjid dan dikumandangkanlah iqamat." Aku (Anas) bertanya, "Berapa jarak antara keduanya?" Zaid menjawab, "Seperti seseorang membaca lima puluh ayat." HR. Ahmad 20634.



Kelompok keempat : 2 (dua) hadits yang menyatakan Jarak Antara Sahur dengan sholat (iqamat) seperti seseorang membaca lima puluh atau enam puluh ayat HR. Bukhari 541, HR. Ahmad 20650

1. Telah menceritakan kepada kami 'Amru bin 'Ashim berkata, telah menceritakan kepada kami Hammam dari Qatadah dari Anas bin Malik bahwa Zaid bin Tsabit telah menceritakan kepadanya, bahwa mereka pernah sahur bersama Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, kemudian mereka berdiri untuk melaksanakan shalat." Aku bertanya, "Berapa jarak antara sahur dengan shalat subuh?" Dia menjawab, "Antara lima puluh hingga enam puluh ayat." HR. Bukhari 541.

2. Telah menceritakan kepada kami Bahz bin Asad Abul Aswad telah menceritakan kepada kami Hammam dari Qatadah dari Anas dari Zaid bin Tsabit, bahwa ia pernah makan sahur bersama Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, ia berkata, "Lalu kami keluar menuju masjid dan dikumandangkanlah iqamat." Aku (Anas) bertanya, "Berapa jarak antara keduanya?" Zaid menjawab, "Seperti seseorang membaca lima puluh atau enam puluh ayat." HR. Ahmad 20650.


Kelompok Kelima : Hadits yang menjelaskan kronologis sahur Rasulullah bersama Zaid bin Tsabit dan Anas bin Malik. HR. An Nasa’i 2138 HR. Ahmad 12560


1. Telah mengabarkan kepada kami Ishaq bin Ibrahim dia berkata; telah memberitakan kepada kami 'Abdurrazzaq dia berkata; telah memberitakan kepada kami Ma'mar dari Qatadah dari Anas dia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda -ketika sahur-: "Wahai Anas, aku ingin berpuasa, berilah sedikit makanan." Lalu aku datang dengan membawa kurma dan wadah yang berisi air -yaitu setelah Bilal adzan-. Lalu beliau bersabda: "Wahai Anas, lihatlah seorang yang -mau- makan bersamaku." Maka aku memanggil Zaid bin Tsabit, lalu ia datang dan berkata; "Aku sudah minum seteguk minuman yang terbuat dari tepung dan aku ingin berpuasa." Maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Aku juga ingin berpuasa." Lalu beliau sahur bersamanya, kemudian berdiri lalu shalat dua rakaat, kemudian keluar untuk melaksanakan shalat." HR. An Nasa’i 2138.

2. Telah bercerita kepada kami 'Abdurrazaq telah bercerita kepada kami Ma'mar dari Qatadah dari Anas berkata, Rasulullah Shallallahu'alaihi wasallam berkata kepadaku saat waktu sahur: wahai Anas, saya hendak puasa, carikan makanan untukku. Anas bin Malik radhiyallahu'anhu berkata, maka saya membawa kurma dan bejana berisi air setelah adzan Bilal. Kemudian beliau bersabda, "Wahai Anas, lihat orang yang sedang makan bersamaku!". Anas bin Malik radhiyallahu'anhu berkata, maka saya memanggil Zaid bin Tsabit, lalu dia berkata, wahai Rasulullah, aku telah minum sawiq, sedangkan saya hendak berpuasa. Rasulullah Shallallahu'alaihi wasallam bersabda: "Saya juga hendak berpuasa". Kemudian Zaid sahur bersama Rasulullah Shallallahu'alaihi wasallam, lalu shalat dua rakaat kemudian keluar dan sholat didirikan. HR. Ahmad 12560.

Wallahu a'lam bish-shawabi

Tulisan Terkait : 

Bang  Afdoli
Bukan Siapa siapa bisa jadi siapa siapa untuk siapa siapa berbagi untuk kebaikan bersama

Related Posts

Posting Komentar