Tidak selamanya shalat dzuhur dan Ashar bacaannya pelan

Tidak selamanya shalat dzuhur dan Ashar bacaannya pelan

Secara umum Shalat dzuhur dan Ashar dilaksanakan dengan membaca pelan Al Fatiha dan Ayat Al Alquran. Pernah suatu ketika seorang teman mengimami shalat ashar, mungkin karena belum pernah. Ia membaca keras Al fatihanya. Dan terjadilah kemudian pergantian imam.

Namun seiring perjalanan waktu itu bisa berubah. Ketika membahas hukum membaca Al fatiha kebetulan menemukan bahwa tidak selamanya shalat Dzuhur dan Ashar dibaca pelan ketika berjamaah.

Hal ini berarti tidak selamanya shalat dzuhur dan ashar dikeraskan bacaannya. Hal ini dicontohkan Rasulullah SAW bahwa beliau terkadang memperdengarkan bacaannya pada kedua shalat ini. Hal ini dapat dilihat dalam hadits (Shahih Bukhari 717, 720, 734, 736); (Shahih Muslim 685, 686) (Sunan Nasa'i 965, 968) (Sunan Darimi 1259, 1260) (Musnad Ahmad 21578) (Sunan Abu Daud 677)

Adapun hadits-hadits dari Imam Bukhari dapat dilihat sebagai berikut :

صحيح البخاري ٧١٧: حدثنا ابو نعيم قال حدثنا شيبان عن يحيى عن عبد الله بن ابي قتادة عن ابيه قال

كان النبي صلى الله عليه وسلم يقرا في الركعتين الاوليين من صلاة الظهر بفاتحة الكتاب وسورتين يطول في الاولى ويقصر في الثانية ويسمع الاية احيانا وكان يقرا في العصر بفاتحة الكتاب وسورتين وكان يطول في الاولى وكان يطول في الركعة الاولى من صلاة الصبح ويقصر في الثانية

Telah menceritakan kepada kami Abu Nu'aim berkata: telah menceritakan kepada kami Syaiban dari Yahya dari 'Abdullah bin Abu Qatadah dari Bapaknya berkata:

"Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pada dua rakaat pertama dalam shalat Dhuhur membaca Al Fatihah dan dua surah, beliau memanjangkan rakaat pertama dan memendekkan pada rakaat kedua, dan terkadang beliau memperdengarkan bacaannya. Dalam shalat Ashar beliau membaca Al Fatihah dan dua surah, dan memanjangkan pada rakaat yang pertama. Demikian pula dalam shalat Shubuh, beliau memanjangkan bacaan pada rakaat pertama dan memendekkan pada rakaat kedua." (Shahih Bukhari 717)



صحيح البخاري ٧٢٠: حدثنا المكي بن ابراهيم عن هشام عن يحيى بن ابي كثير عن عبد الله بن ابي قتادة عن ابيه قال كان النبي صلى الله عليه وسلم يقرا في الركعتين من الظهر والعصر بفاتحة الكتاب وسورة سورة ويسمعنا الاية احيانا

Telah menceritakan kepada kami Al Makki bin Ibrahim dari Hisyam dari Yahya bin Abu Katsir dari 'Abdullah bin Abu Qatadah dari Bapaknya ia berkata:

"Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pada dua rakaat pertama dalam shalat Dhuhur dan 'Ashar membaca Al Fatihah dan surah masing-masing, dan terkadang Beliau memperdengarkannya kepada kami ayat yang dibacanya." (Shahih Bukhari 720)



صحيح البخاري ٧٣٤: حدثنا موسى بن اسماعيل قال حدثنا همام عن يحيى عن عبد الله بن ابي قتادة عن ابيه

ان النبي صلى الله عليه وسلم كان يقرا في الظهر في الاوليين بام الكتاب وسورتين وفي الركعتين الاخريين بام الكتاب ويسمعنا الاية ويطول في الركعة الاولى ما لا يطول في الركعة الثانية وهكذا في العصر وهكذا في الصبح

Telah menceritakan kepada kami Musa bin Isma'il berkata: telah menceritakan kepada kami Hammam dari Yahya dari 'Abdullah bin Abu Qatadah dari Bapaknya, bahwa

Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dalam shalat Dhuhur membaca Al Fatihah dan dua surah pada dua rakaat pertama. Dan pada dua rakaat akhir membaca Al Fatihah, yang terkadang ayat yang beliau baca terdengar. Beliau memanjangkannya pada rakaat pertama, dan pada rakaat keduanya tidak sepanjang pada rakaat pertama. Beliau lakukan seperti ini juga dalam shalat 'Ashar, begitu pula pada shalat Shubuh. (Shahih Bukhari 734)


صحيح البخاري ٧٣٦: حدثنا محمد بن يوسف حدثنا الاوزاعي حدثني يحيى بن ابي كثير حدثني عبد الله بن ابي قتادة عن ابيه ان النبي صلى الله عليه وسلم كان يقرا بام الكتاب وسورة معها في الركعتين الاوليين من صلاة الظهر وصلاة العصر ويسمعنا الاية احيانا وكان يطيل في الركعة الاولى

Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Yusuf berkata: telah menceritakan kepada kami Al Auza'i telah menceritakan kepadaku Yahya bin Abu Katsir telah menceritakan kepadaku 'Abdullah bin Abu Qatadah dari Bapaknya bahwa

Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam membaca Al Fatihah dan dua surah pada dua rakaat pertama dalam shalat Dhuhur dan 'Ashar. Terkadang beliau memperdengarkan (mengeraskan bacaan) ayat yang dibacanya, dan beliau biasa memanjangkannya pada rakaat pertama. (Shahih Bukhari 736)

Tulisan terkait dengan Keutamaan dan Hukum Membaca Al Fatiha dalam Shalat Berjamaah
Bang  Afdoli
Bukan Siapa siapa bisa jadi siapa siapa untuk siapa siapa berbagi untuk kebaikan bersama

Related Posts

Posting Komentar