Kalender Islam Dunia Bersatu Tahun 1444 H (Gabungan Ummul Quraa, Hijrah Globaldan Rukhyat)

Kalender Islam Dunia Bersatu Tahun 1444 H ini adalah merupakan kalender Hijriah yang dinamis yang menyatukan tiga metode yang berbeda yaitu :


1. Kalender Ummul Quraa (UQ) adalah Kalender komariah berbasis Hisab Maulidan Hilal dan termasuk salah satu poin dalam konferensi Maroko. Dilakukan oleh Ilmuwan/astronom Arab Saudi untuk kepentingan sipil dengan orientasi waktu pertahun.

2. Kalender Hijriah Global (HG) adalah kalender komariah berbasis Imkanu Rukhyat sesuai dengan kriteria kesepakatan Konferensi di Turki. Kalender ini digunakan untuk kepentingan sipil dan ibadah dengan orientasi waktu pertahun

3. Kalender Rukhyatul Hilal Mekkah adalah Kalender komariah berbasis rukhyat (pengamatan) hilal di Mekkah untuk keperluan ibadah dan ditetapkan perbulan. Dasar penetapan diambil dari cara diantaranya yaitu :

a) Penetapan Mahkamah Agung Arab Saudi tentang awal bulan ibadah yaitu Bulan Muharram, Ramadhan, Syawal dan dzulhijjah.
b) Untuk bulan lain didapatkan dari organisasi-organisasi islam yang bergerak dalam pemantauan hilal seperti Moonsghiting dan IcoProject dan lainnya.
c) Jika tidak tersedia, dasar penetapan dapat merujuk pada hadits yang menyatakan bahwa terdapat bulan-bulan yang tidak pernah kurang. Sehingga dapat digunakan untuk menetapakan bulan Dzulqi’dah dan Muharram.
d) Dan atau merujuk pada hadits prinsip mengikuti berjama’ah. Berpuasa dengan mengikuti mayoritas, maka dapat mengikuti kalender lokal atau Ummul quraa dan Hijriah Global.





Kalender Islam dunia bersatu juga merupakan Kalender yang menyatukan Kalender Ibadah dan Sipil. Hingga pada saatnya akan tercapai satu kalender Islam yang berlaku di seluruh dunia. Satu hari satu tanggal atau one day one date (ODOD). Oleh karenanya awal waktu dalam  kalender islam dunia bersatu terbagi dalam dua kelompok:

1. Untuk keperluan Ibadah, awal hari dimulai pada waktu subuh. 

2. Untuk keperluan sipil, awal hari dimulai pada pukul 01.00 standar waktu Dunia (UTC; Universal Time Coordinated) atau 00.00 Waktu Islam Dunia (ITC; Islamic Time Coordinated). Dengan pertimbangan waktu subuh tercepat yang ada di negara-negara dunia. Lihat Tulisan Saatnya Umat Islam menjadikan Pukul 01:00 UTC sebagai Awal waktu yaitu pada pukul 01.00 waktu dunia atau satu jam lebih cepat dari UT (Universal Time) sebagai pilihan pertama atau pilihan kedua pada pukul 02.00 waktu dunia atau dua jam lebih cepat dari UT (Universal Time). dan kedudukan magrib sendiri perlu dikaji ulang


3. Sesuai Lokasi Mekkah dimana Ka'bah berada sebagai pertengahan Bumi (MMT; Mekkah Mean Time). Ka'bah adalah pusat bagi Manusia (Al Maidah ayat 97). lihat tulisan : Saatnya Makkah dijadikan sebagai Mean Time dunia 



Dalam Kalender Islam dunia terdapat beberapa tanggal penting terkait ibadah yaitu :
  1. 1 Muharram: Tahun Baru hijriah
  2. 9 Muharram : Hari dan Puasa Asyura
  3. 13, 14 dan 15 setiap bulan : Yaumul bidh (hari pertengahan bulan) atau puasa bidh
  4. 1-30 Ramadhan : Puasa Wajib
  5. 1-2 Syawal : Hari raya Idul Fitri
  6. 9 DzulHijjah : hari Arafah (wukuf bagi yang berhaji, selainya berpuasa)
  7. 10 Dzulhijjah : Hari raya Idul Adha
  8. 11,12 dan 13 Dzulhijjah : Hari Tasyriq
Penjelasan lebih lengkap tentang Penyatuan kalender Islam Dunia dapat dilihat dalam buku Palingkan wajahmu kearah Masjidil Haram Menyatukan kalender Islam Dunia dan atau tulisan terkait Kalender Islam Dunia

Dan secara perbulan Insya allah akan diterbitkan Kalender Islam Bersatu Tahun 1443 H yaitu
Bulan Pertama Bulan Muharram, Bulan Kedua Bulan Safar,
Bulan Ketiga Bulan Rabiul Awal, Bulan Keempat Bulan Rabiul Akhir,
Bulan Kelima Bulan Jumada Awal, Bulan Keenam Bulan Jumada Akhir,
Bulan Ketujuh Bulan Rajab, Bulan Kedelapan Bulan Sya'ban,
Bulan Kesembilan Bulan Ramadhan, Bulan Kesepuluh Bulan Syawal,
Bulan Kesebelas Bulan Dzul Qi'dah, Bulan Keduabelas Bulan Dzulhijjah.
Bang  Afdoli
Bukan Siapa siapa bisa jadi siapa siapa untuk siapa siapa berbagi untuk kebaikan bersama

Related Posts

Posting Komentar