Shalat Tarawih Pertama dikerjakan setelah satu Ramadhan (berpuasa)

Bahwa berdasarkan kalender di dunia, secara umum ada tiga waktu awal hari yaitu

1) Yahudi memulai hari ketika maghrib
2) Nashara memulai hari tengah malam pukul 24.00/00.00 UTC 
3) Islam memulai hari terbagi dua yaitu pertama memulai hari ketika magrib dan kedua memulai hari ketika terbit fajar (subuh)

Perbedaan mengawali hari ini yang kemudian menjadikan perbedaan pemahaman tentang kapan shalat tarawih pertama dikerjakan?

Pendapat yang memulai hari ketika magrib akan melaksanakan shalat tarawih terlebih dahulu baru berpuasa.Sedangkan yang memulai hari ketika fajar, shalat tarawih dikerjakan pada malam setelah berpuasa.
Shalat Tarawih Pertama dikerjakan setelah satu Ramadhan (berpuasa)

Penulis berpendapat untuk yang kedua, bahwa shalat tarawih dikerjakan setelah berpuasa ramadhan. Pendapat yang kedua selain dapat menyatukan kalender Islam dunia (lihat tulisan 313 Cara Menyatukan Kalender Islam Dunia (Hijriah))

Bahwa Shalat Tarawih Pertama dikerjakan setelah satu Ramadhan (berpuasa) karena awal hari adalah terbit fajar didukung banyak dalil baik Alquran dan hadits. Adapun dalil-dalil yang mendukung tersebut adalah sebagai berikut:

1) Ayat Alquran menyatakan siang sebagai awal hari 

2) Rasulullah menyatakan bahwa shalat magrib termasuk shalat witir siang hari

3) Pertengahan bulan atau nisfu sya'ban menjelaskan bahwa hari dimulai ketika fajar

4) Niat puasa yang dibaca ketika malam atau sahur menjelaskan bahwa sia

5) malam sebelum awal ramadhan masih merupakan malam bulan sya'ban.
Rasulullah membedakan antara hari jum'at dan malam jum'at ketika menyebutkan waktu utama orang yang meninggal dunia.

Perberdaan dalam Islam adalah merupakan ketentuanNya, oleh karena saling menghormati perbedaan adalah salah satu kuncinya. Setiap amalan yang dmintai pertanggungjawabannya. Umat Islam adalah umat wasathan yaitu umat pertengahan. yaitu umat berada ditengah diantara kebaikan, milih yang terbaik diantara yang baik.

Catatan : Bahwa untuk dalil masih yang menyatakan bahwa terbit fajar adalah awal hari dapat dilihat dari kedudukan shalat ashar sebagai shalat wustha. Lihat tulisan Keajaiban Shalat Ashar sebagai Wustha

Bang  Afdoli
Bukan Siapa siapa bisa jadi siapa siapa untuk siapa siapa berbagi untuk kebaikan bersama

Related Posts

Posting Komentar